Saturday, April 6, 2013

MEMBANGUN JARINGAN KOMPUTER DI LINGKUNGAN KANTOR KECIL & RUMAH


ANDRIES. K
A2.1100112
TI-IVC

MEMBANGUN JARINGAN DI LINGKUNGAN KANTOR KECIL & RUMAH

Dalam Membuat jaringan kabel di butuhkan :
1.       Beberapa computer yang di gunakan sebagai server dan workstation
2.       Switch smc 8 port
3.       Kartu jaringan (LAN CARD) tipe pci, & kartu jaringan PCMCIA
4.       Kabel jaringan
Dalam Membuat jaringan nirkabel (wireless LAN) di butuhkan :
1.       Beberapa computer yang di gunakan sebagai server & workstation
2.       Acces point wireless smc
3.       Kartu wireless tipe PCI
4.       Kartu wireless tipe PCMCIA
5.       Switch smc 8 port
6.       Jika diperlukan terdapat peralatan tambahan yaitu broadband  router untuk akses internet & print server

A. TATA CARA MEMBANGUN SEBUAH JARINGAN KABEL :
1.       Siapkan computer-komputer yang akan di gunakan, siapkan salah satu computer yang akan di jadikan workstation (pada sebagian computer telah mempunyai fitur jaringan onboard).
2.       Untuk visualisasi, pemasangan kartu jaringan akan dilakukan sendiri. & mengabaikan komponen-komponen yang telah terpasang dalam computer tersebut.
3.       Terkadang kita harus memasang sendiri konektornya, alat yang diperlukan adalah crimping tool untuk memasang kabel UTP Ke konektor. cara pemasangannya :
a.       Potong kabel  dengan rata, kupas kabel seukuran dengan yang telah di tentukan oleh crimping tool. Tekan jangan terlalu keras agar kabelnya tidak mengalami kerusakan.
b.      Setelah terkelupas kemudian ratakan dan luruskan kemudian urutkan tipe kabel sesuai dengan standar, setelah itu potong kembali kabel supaya lebih rata.
c.       Masukan kabel pada konektor, setelah kabel masuk dengan sesuai kemudian crimping.
d.      Lakukan pengecekan untuk mengetahui apakah ada kabel yang terbalik dengan menggunakan multi tester.
4.       Pemasangan kartu jaringan dilakukan dengan :
a.       Buka computer, pasang kartu jaringan dari SMC.
b.      Setelah kartu jaringan terpasang kemudian lakukan pengecekan di windows apakah kartu jaringan telah terdeteksi & lakukan penginstalan untuk driver yang diperlukan.
5.       Setelah itu siapkan komponen-komponen lainnya seperti switch, server, dan kabel. Kemudian hubungkan komponen-komponen tersebut.
6.       Switch yang di gunakan adalah switch 8 port yang artinya dapat menghubungkan hingga 8 komputer  atau peralatan lain. Lampu indicator pada switch menandakan ada port-port yang terhubung. Secara fisik jaringan telah terhubung.
7.       Kemudian lakukan konfigurasi pada bagian softwarenya. satu buah protocol sudah cukup dalam sebuah jaringan. protocol berfungsi sebagai penghubung antar computer dalam jaringan selain itu protocol juga dapat berfungsi sebagai  penghubung ke internet. Untuk keperluan itu kita dapat menggunakan prototcol TCP/IP.
8.       Lakukan konfigurasi untuk computer client. Dengan langkah-langkah :
a.       Klik kanan pada icon mynetwork places (di dalam windows XP). Pilih properties
b.      lakukan penyetitingan pada koneksi Ethernet card SMC, klik kanan pada icon Ethernet card SMC -> Properties -> pilih intenet protocol TCP/IP ->
c.       pilih Properties untuk settingan IP nya  -> pada jendela internet protocol TCP/IP properties pilih Use the following IP Address untuk membuat alamat IP sendiri. Masukan IP Address, contoh 192.168.0.2, angka 2 di akhir merupakan alamat computer, & untuk computer berikutnya yang terhubung pada jaringan network bisa tambahkan dengan angka 3, 4, 5 dst. (Tidak boleh dua computer dengan alamat yang sama).
d.      Masukan subnet mask dengan angka 255.255.255.0, sebaliknya pada subnet mask kita dapat memasukan nilai yang sama pada setiap komputernya  -> OK -> close
9.       Cek identifikasi computer seperti nama & workgroup dalam satu jaringan yang anda buat dengan cara klik kanan pada icon my computer lihat pada computer name.
10.   Buka pada bagian network connection untuk melihat apakah jaringan kita sudah terinstal/tersetting dengan baik, lihat pada workgroup. Lihat apakah ada beberapa folder yang telah terjaring. Jika ada computer telah dapat melakukan sebuah komunikasi seperti pengiriman file, pengcopyan file. Dll
11.   Cara untuk men-sharing pada area workgroup :
a.       Klik kanan my netwok places pilih properties.
b.      Klik kanan local area connection pilih properties file and printer sharing for Microsoft network pilih install ( jika belum di install)
c.       Jika telah terinstal, cari folder atau file yang akan di sharing ->  klik kanan pilih sharing and security kemudian centang share this folder on the network  -> klik OK.
d.      Untuk mengnonaktifkan agar file tidak tersharing di area workgroup ikuti langkah yang sama seperti saat mengaktifkan.

B. TATA CARA MEMBANGUN SEBUAH JARINGAN NIRKABEL (WIRELESS LAN) :
Sesuai dengan namanya jaringan nirkabel tidak memerlukan pemasangan kabel. Selain itu penempatan computer akan lebih bebas dan mudah, cara pemasangan :
1.       Siapkan computer-komputer  yang akan di hubungkan dengan jaringan.
2.       Instalasinya relative sama karena menggunakan kartu PCI dan PCMCIA.
3.       Gunakan perangkat acces point. Acces point di gunakan untuk menghubungkan kartu-kartu jaringan nirkabel yang ada dalam jaringan. ada dua tipe koneksi jaringan nirkabel yaitu ad hoc (tidak menggunakan acces point, jadi setiap kartu jaringan nirkabel saling berhubungan tapi tidak berkomunikasi dengan jaringan luar) & infrastruktur (menggunakan acces point yang terhubung dengan kabel Ethernet kemudian dihubungkan kepada jaringan kabel) kebanyakan jaringan nirkabel menggunakan jaringan tipe infrastructure.
4.       Pasang masing masing kartu jaringan nirkabel PCMCIA untuk PC Notebook, dan PCI untuk PC Desktop.
5.       Setelah terpasang kemudian install driver (untukkartu  jaringan nirkabel biasanya perlu menginstal software tambahan yang akan mengatur kerjanya).
6.       Konfigurasi software, cara menginstal wireless PCI Adapter dari SMC network & meng konfigurasi wireless PCI :
a.       Secara otomatis windows XP akan mendeteksi  adanya hardware yang baru, arahkan penyimpanan driver untuk wireless PCI adapter -> next -> finish
b.      Kemudian Install program EZ Connect wireless yang isinya merupakan sebuah file konfigurasi untuk wireless PCI adapter anda.
c.       Dalam kasus ini  acces point wireless SMC belum di pasang, karena menggunakan model infrastructure dimana computer server (2) masih menggunakan kartu jaringan PCI card dan bukan memakai wireless dan tersambung kedalam switch, dan acces point wireless smc di sambungkan juga pada port di dalam switch. Terlihat seperti pada gambar :

d.       Lakukan komunkasi antara computer (1) yang masih memakai kartu jaringan  biasa dan computer (2) yang memakai sebuah kartu wireless PCI adapter, yang keduanya akan di hubungkan oleh sebuah acces point.
e.      Setelah acces point di aktifkan, lihat informasi dari wireless adapter. Dalam konfigurasi terdapat beberapa informasi  salah satunya BBS ID, channel yang di pakai, transmisi yang di pakai, link quality, signal strength (kekuatan sinyal wireless).
f.       Berlanjut pada konfigurasi kita menggunakan mode infrastructure , SSID secara default adalah Any, tranfer rate default nya adalah fully automatic, power saving mode, defaultnya disable.
g.      Pada jendela encryption, anda dapat mengatur transmisi data anda secara aman.
h.      Kemudian cek apakah computer yang memakai wireless lan dan terkoneksi dengan menggunakan acces point telah tersambung pada suatu jaringan.
i.        Coba lihat kecepatan transfer nya pada link info.
j.       Jika sedang terjadi proses komunikasi antara beberapa computer atau lebih maka lampu indicator pada acces point berkedip.
h.      Sekian & terimakasih

3 comments:

  1. PT Metalogic Informatika : Jasa Konsultan dan Jasa Pengadaan Komputer.

    PT Metalogic Informatika adalah perusahaan yang bergerak di bidang konsultan IT, maintenance komputer, programming, reparasi komputer, dll.

    Kami juga menyediakan komputer untuk sekolah,kantor,kampus dan instansi lainnya.
    kami juga menyediakan komponen Hardware komputer dengan harga yang kompetitif.

    Kami melayani pemesanan untuk Jabodetabek dan semua propinsi di Indonesia.

    Untuk info lebih lanjut bisa menghubungi :
    Herry Hermawan HP 081808848274 atau klik http://www.metalogic.co.id
    .

    ReplyDelete
  2. GSMART IT kami bergerak dibidang Jasa Konsultan IT seperti pendaftaran nama domain, hosting web, VPS, Dedicated Server, email, pembangunan website dan kami menyediakan jasa pembuatan program kasir

    untuk informasinya silahkan kunjungi website kami http://gsmart-it.net/ atau 0317346401 .

    Terima Kasih

    ReplyDelete
  3. Terima kasih turitorialnya izin shared,kunjungi kami http://www.itbriscorhorizon.com/

    ReplyDelete